Friday, November 29, 2013

opiniku yang tak terbit: Apakah Benar selamat dari karam?



Apakah Benar selamat dari karam?

Oleh uman al-hakim

            Dalam acara kompas 100 CEO forum 2012 pada rabu 28 november 2012, wakil presiden indonesa meyatakan bahwa indonesia adalah negara yang termasuk beruntung. Wapres juga mengatakan indonesia termasuk ythe lucky one. Pernyataan ini dinyatakan orang nomer dua di indonesia ini dengan alasan perbandingan indonesia dengan negara-negara lain yang ada di ASEAN tercatat pertumbuhan ekonomi indonesia mencapai 6,4 % pada rtiwula keII. Ini berdasarkan data dai Badan Pusat Statistik (BPS) bahkan akantetap stabil sampai kuartal ke empat sampai akhir tahun 2012. Walaupun pencapaian pertumbuhan ekonomi belum mencapai target dari yang dicanangkan oleh Susilo Bambang Yudoyono (SBY) seperti yang tertulis dalam APBN dengan rencana pertumbuhan ekonomi 6,5 %.
            International Monetary Fund (IMF) atau lembaga keuangan dunia juga menyatakan hal serupa. Indonesia merupakan negara di regional ASEAN yang mengalai pertumbuhan ekonomi terkuat. Ini berdasarkan proyeksi IMF yang menyatakan singapura dan 5 Negara lainnya di ASEAN yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik. Indonesia dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 6,4 % merupakan tertinggi dari 5 negara lainnya seperti Malaysia, Singapura,Thailand,Filipina Dan Vietnam. Pertumbuhan Malaysia di proyeksikan 5,2 persen, Singapura 5,3 persen, Vietnam 5,8 persen, Filipina 4,7 persen, dan Thailand 3,5 persen.
Perlu Mendapat Apresiasi
            Kita sebagai warga indonesia sudah sepatunya memberikan apresiasi kepada pemerintah dan semua instansi terkait yang telah membawa indonesia menjadi negara yang bisa bersaing di kancah regiona maupun ternasional. Dengan prestasi yang di dapat ini tidak serta merta menjadikan kita bangsa indonesia langsung membusungkan dada. Prestasi ini harus di lihat dari berbagai dimensi dan jangan hanya di lihat dari satu sisi saja. Keberhasilan pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi tidak lepas dari berbagai pihak dan upaya. Investasi yang semakin baik di indonesia, keadaan ekonomi yang cenderung stabil. Dan juga bisa di tilik dari kemajuan sektor usaha menengah ke bawah yang semakin baik



Upaya mempertahankan Dan Meningkatkan

            Rasa bangga memang wajar ketika melihat keberhasilan ini. Akan tetapi kita juga harus menengok keadaan rakyat yang ada di bawah. Jangan sampai ketika kita puas dengan hasil yang di dapat lalu mengabaikan kehidupan dan nasib rayat kecil. Dengan adanya momem peningkatan Perekonomian maka harus semakin baik pula perekonomian sektor mikro. Sektor mikro merupakan pilar-pilar penyangga kegiatan ekonomi sektor makro. Jika sektor mikro mengalami kendala dan problem maka impactnya juga pada perekonomian secara makro.
            Keberhasilan peningkatan ekonomi seharusnya juga diiringi dengan kemajuan dalam tingkat kemkmuran masyarakat. Dimana indikatornya adalah tidak banyak terjadi kriminalitas, pengangguran yang jumlahnya semakin kecil, tingkat pendidikan yang semakin baik yang terwujud dalam di semakin baik akhlak baik pesrta didik maupun dari pihak pendidik. Dan masih banyak indikator lain yang bisa kita ambil.sudah seharusnya pertumbuhan ekonomi akan berbanding lurus dengan keamanan, kemakmuran, dalam suatu negara.


Bagikan

Jangan lewatkan

opiniku yang tak terbit: Apakah Benar selamat dari karam?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.