Monday, February 2, 2015

Peran Pemerintah Menghadapi MEA



Lukman Hakim
Mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro, Lampung
Aktivis KAMMI

Hiruk pikuk politik di Indonesia menjadi perhatian utama media, pemerintah, dan seluruh masyarakat saat ini. Bahkan pemerintah belum bisa mengambil keputusan terkait konflik yang terjadi antara dua institusi penegak hukum KPK-POLRI. Padahal tahun 2015, Indonesia dihadapkan pada persaingan pasar bebas masyarakat Asia Tengggara yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Pemerintah belum mengoptimalkan persiapan menghadapai gelombang persaingan yang semakin kompetitif. Baru sebatas sosialisas yang informasinya hanya dipahami oleh segelintir orang. Mayoritas masyarakat belum tahu bahwa mereka akan menghadapi akan bersaing dengan masyarakat Asia Tenggara di pasar bebas.

Padahal negara lain menganggap bahwa MEA harus disambut dengan persiapkan yang matang agar masyarakat mampu bertahan dengan negara-negara lain sebagai kompetitior. Thailand misalnya, persiapan yang dilakukan pemerintah thailand dilakukan jauh sebelum waktu MEA datang. Langkah strategis mendukung usaha masyarakat dan pengesahan peraturan yang melindungi kepentingan masyarakat sudah dilakukan agar masyarakat benar-benar siap mengahadapai arus MEA.

Persaingan pasar bebas ASEAN tidak hanya terbatas pada sektor barang dan jasa, juga pada kompetisi tenaga profesional seperti dokter, perawat, pengajar dan tenaga profesional lain. Untuk itu pemerintah harus memberikan perhatian serius untuk menghadapi gelombang Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan langkah strategis yang berpihak pada kepentingan rakyat.


Peningkatan mutu sumber daya manuisa, proteksi pemerintah terhadap industri rakyat, dan  pelibatan pengusaha mutlak diperlukan agar masyarakat Indonesia tidak sekedar menjadi penonton dan konsumen di pasar bebas tersebut. Peran pemerintah mensinergikan sektor usaha yang digeluti oleh pengusaha dan masyarakat sebagai upaya menjadi production base yang menghasilkan produk bermutu dan siap bersaing dengan produk lain.

Kebijakan one village one product misalnya, adalah upaya tidak membatasi kreativitas masyarakat untuk melakukan inovasi terhadap barang yang dihasilkan. Ketika produksi barang dan jasa bisa dioptimalkan maka tugas pemerintah memproteksi agar produk yang dihasilkan bisa bertahan dan selalu dicari dipasaran.

Komitmen pemerintah melindungi kepentingan rakyat Indonesia dalam arus pasar bebas negara-negara ASEAN sesungguhnya menjadi momentum pembuktian janji Jokowi-JK untuk membangun ekonomi rakyat. Apakah pemerintah concern dalam upaya menepati janjinya sebagai wakil rakyat yang mengemban amanat dari rakyat, wallahu alam.

Bagikan

Jangan lewatkan

Peran Pemerintah Menghadapi MEA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.